Friday, 12 May 2017

Tempe "Bosok" yang nikmat


Nasi tumpang merupakan salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika mengunjungi Kediri. Nasi tumpang ini disajikan dengan sambal yang terbuat dari tempe busuk atau biasa orang kediri menyebutnya tempe bosok : yang dihaluskan, dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah . Eitss.. jangan kawatir dengan rasa tempe bosok . Jika sudah matang menjadi sambal tumpang pasti akan membuat kalian ketagihan.

Saat penyajiannya akan ditambah dengan sayuran yang sudah direbus atau dikukus , rempeyek dan siraman bumbu pecel yang membuat citarasanya semakin unik. Hmm saya jadi membayangkan ketika rempeyek yang kriuk dimakan dengan nasi yang hangat dan sambal tumpang. Kuliner mengenyangkan satu ini sudah bisa dinikmati dengan hanya merogoh kantong 5 ribu sampai 7 ribu saja.

Oh iya jika bumbu pecel mungkin sudah mudah ditemui dibeberapa kota di Indonesia namun nasi Tumpang satu ini dapat sering kita temui di Kediri dan sekitarnya ketika jam sarapan ataupun malam hari.  Jika mampir ke Kediri maka tak sulit untuk menemukan orang yang berjualan nasi Tumpang, kebetulan foto yang saya ambil buatan nenek saya sendiri. Nenek saya sudah berjualan nasi Tumpang sudah sekitar 10 tahun loh hehe. Kalau mau nyoba bolehlah mampir ke rumah nenek saya  di Desa Purwoasri Kabupaten Kediri.

No comments:

Post a Comment