Monday, 14 August 2017

NUSA PENIDA : PERJALANAN SINGKAT KE PANTAI ATUH DESA BANJAR PELILIT

Semenjak saya posting beberapa foto saya di Nusa Penida Bali sering sekali banyak yang bertanya mulai dari letak Nusa Penida hingga bagaimana transportasi dan fasilitas disana :D

Well, nusa penida berada di provinsi Bali. Jika ingin kesana kamu bisa naik kapal ferry dari sanur dengan harga tiket sekitar IDR 75,000 - 100,000 .

You can read for estimate budget in Budget Ngepas Tapi Puas : Nusa Penida

After that, let's here I will share about Atuh Beach in Banjar Pelilit Nusa Penida.

Sudah beberapa bulan lalu saya mengunjungi Nusa Penida Bali. Sumpah ! sampai sekarang kayaknya susah move on gitu haha

Parah  bagus banget pemandangan disana meskipun harus ekstra hati-hati ketika mengendarai motor untuk sampai ke pantai. Nah , saat itu sebelum kembali pulang ke Sanur. Saya masih sempat mengunjungi Pantai Atuh di Desa Banjar Pelilit sekitar jam 9 siang. Lama perjalanan dari Homestay saya di toyapakeh ke pantai tersebut sekitar 3 jam.

Arah ke pantai Atuh kamu akan melewati jalanan aspal yang melilit ekstra curam, jalanan aspal tersebut tidak dapat diduga-duga kapan akan berbelok ke kanan ataupun ke kiri. Saya bahkan sampai menyalakan klakson tiap tikungan yang saya lewati :D

Sekitar 45 menit melewati jalanan aspal yang melilit. Kami sering bertemu dengan arah yang membingungkan dan jalanan batu kapur yang tidak rata. Sepertinya semua jalan menuju pantai di Nusa Penida memang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pengunjungnya karena medan yang dilewati masih cukup sulit dilalui kendaraan bermotor apalagi kendaraan beroda empat.

''Kik naikin kakimu ke atas. Awas terkilir bebatuan'' teriak teman saya dari belakang ketika saya meluncur mengendarai motor dari atas.
Jalan curam menuju pantai berulang kali kami lalui dengan ekstra hati - hati terkadang kami berhenti sejenak untuk melihat jalan apakah aman untuk kami lewati.

Sampai diparkiran kita hanya perlu membayar IDR 5,000 / orang dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk turun ke pantai atuh. Jalanan membelah menjadi dua antara pantai atuh dan nusa pelilit. Sebelah kanan nusa pelilit dan Sebelah kiri pantai atuh yang bisa kita nikmati bersamaan !

''Pak turun ke bawahnya curam tidak  ?'' Tanya kami.

''Ada tangganya kebawah, cuma 225 anak tangga'' jawab si bapak dengan bergurau.

Karena sudah nanggung akhirnya kami turun perlahan tanpa pengaman apapun. Kebayang angin begitu kencang rasanya seperti ingin terdorong kebawah dan ombak pantai atuh dibawah sudah siap menompang :D

Tidak ada siapapun di pantai ini hanya kami berempat yang tidak sabar untuk turun sambil bergurutu bagaimana naiknya nanti.

Setelah puas bermain, siang itu kami kembali ke Toyapakeh jam 11 siang dan bergegas ke pelabuhan Toyapakeh untuk kembali ke sanur. Saya kembali ke sanur dengan menaiki Kapal Ferry Maruti Express paling terakhir sekitar jam 3 sore dengan harga tiket IDR 75,000.

Fyi, tiket  harus reservasi terlebih dahulu sehari atau beberapa jam sebelum keberangkatan sesuai dengan ketersediaan seat. Biasanya homestay di Nusa Penida akan membantu reservasi tiket pulang.

Berharap someday bisa balik ke Nusa Penida dan menginap di dekat pantai Atuh.
Yakin nih kamu ndak pengen jalan-jalan ke Nusa Penida ? :)