Tuesday, 27 February 2018

KEDIRI KOTA TAHU : BEDANYA TAHU LYM DAN POO

Krupuk Upil Kediri

Kediri Bersemi Bersinar Terang. Begitulah jargon Kota Kediri sebagai sambutan hangat ketika melewati gapura selamat datang Kota Kediri.

Kediri salah satu kota di Jawa Timur memiliki mitos yang masih dipercayai oleh banyak orang. Konon katanya para pejabat negeri tidak ada yang berani ke Kota Kediri karena takut lengser dari jabatan yang di embannya saat ini. Boleh percaya atau tidak namun buktinya Kota Kediri memang jarang sekali disinggahi oleh pejabat-pejabat negeri dari luar kota.

Selain mitosnya Kota Kediri juga memiliki makanan khas yang mudah ditemui dan selalu menjadi oleh-oleh favorit pengunjung luar kota. Kalau di kota lain memiliki makanan khas dari mulai tahu telor, tahu tek , tahu campur dan makanan khas lain yang berbahan dasar tahu. Kediri juga punya oleh - oleh ( tahu ) yang sudah sangat melegenda dan menjadi ciri khas Kota Kediri bahkan Kediri menjadi sentra usaha tahu di Jawa Timur.
Oleh-oleh khas Kediri
Karena saya asli orang kediri banget nih. Saya sudah tidak heran dengan toko oleh-oleh yang berjejer rapi disetiap sudut Kota Kediri apalagi Toko oleh-oleh di Jalan Yos Sudarso atau Jalan Pattimura. Kamu akan menemukan banyak sekali toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam snack tahu dan oleh-oleh lainnya khas Kota Kediri. Kalau uda ngliat sebanyak itu jadi bingungkan masuk ke toko yang mana ? Toh yang dijual kurang lebih sama saja.

Dulu awalnya saya juga berpikir seperti itu. Oh ternyata salah pemirsa hehe Tiap toko tahu memiliki tahu andalan dengan tekstur dan rasa yang beda sampai petisnya pun ternyata juga berbeda. 

Saya merekomendasikan dua pilihan toko oleh - oleh yang bisa kamu kunjungi. Kenapa cuma dua?  karena memang hanya dua toko ini yang selalu saya kunjungi dan letaknya bersebelahan. Sejauh ini belum ada niatan untuk pindah ke toko lain :D

Yaitu Tahu POO dan Tahu LYM. 

Kripik tahu dan Tahu Petis khas Kediri

Dari segi penampilan : Tahu POO memiliki warna lebih coklat karena digoreng lebih lama daripada Tahu LYM. Petis dari Tahu LYM lebih hitam dan pekat. 

Soal rasa keduanya sama - sama enak. Tahu LYM masih terasa tahu yang basah dan tidak terlalu asin sedangkan Tahu POO sesuai dengan tampilannya berwarna coklat terasa lebih kering memiliki rasa lebih asin. 

Dalam segi ukuran tahu LYM lebih besar dan berbentuk kotak - kotak rapi. Namun dibandingkan Tahu LYM satu kotak tahu POO lebih murah hanya IDR 12,500 yang berisi 10 pcs tahu. 
Tahu LYM dan POO yang sudah keburu dimakan sebelum difoto :D

Tahu POO dan Petisnya.


Tahu LYM memiliki tekstur yang lebih padat dan mengenyangkan ketika di lahap, tahunya terasa sangat lembut dan cocok dengan petisnya yang pekat sedangkan Tahu POO memilikk tekstur yang kering dan isinya tidak terlalu padat namun tidak sekosong tahu bulat hehe. Petisnya berwarna coklat dan lebih cair namun ternyata cocok ketika dimakan secara bersamaan dengan tahunya.


Tahu LYM dan Petisnya yang Pekat. 

Over all dua tahu ini sama - sama enak namun memiliki ciri khas tersendiri. Jika kamu mengunjungi Kediri bisa dicoba dengan membeli keduanya dan bisa kamu bandingkan bagaimana perbedaannya. Namun jujur meskipun keduanya sama-sama enak saya lebih suka Tahu LYM karena selain teksturnya yang padat, tahu ini masih sedikit basah dan cocok sekali dengan petisnya. Hmm rasanya enak banget, sekali makan susah berhentinya. Hehe

Friday, 2 February 2018

NASI GANDUL ENAK ADA DI MALANG !


Kamu pecinta kuliner Jawa Tengah? Suka Makanan berkuah dengan banyak rempah-rempah? Suka olahan daging? Sepertinya Nasi Gandul khas Pati jawabannya.


Nasi gandul ini perpaduan antara Nasi, kuah dan daging atau jeroan. Kuahnya seperti gulai tapi soal rasa ternyata beda banget. Ada opsi makananan tambahan yang disajikan untuk bisa dimakan bersama satu porsi nasi Gandul yaitu tempe dan perkedel. Ternyata cocok ! tempenya juga khas pati lo pemirsa hehe tekstur tempenya tipis dan lebih kering.

So. NASI GANDUL ini *harusdicapslock banget?* kuahnya terbuat dari rempah berbagai macem yang kalau dihafalin bakalan susah banget diinget tapi soal taste jangan salah, "unik, enak dan mudah dinget"  Ada rasa asin, pedes dan manis-manisnya. Setelah saya cek resep bumbunya ternyata bener olahan kuahnya menggunakan kayu manis juga. Sedap benar ! Bisa cek resepnya disini yang ingin tau bumbu nasi gandul apa aja : https://cookpad.com/id/resep/210586-nasi-gandul-pati-gajah-mati-gubuk-maknyus

Emang beneran Maknyus. Nulis ini aja sambil ngilerrr pengen balik kesana. Langsung nodong minta babat sama sambelnya ditambah hmmm...

Penyajiannya pun masih menggunakan daun pisang jadi saat disantap semakin bertambah rasa unik yang muncul dari Nasi Gandul ketika satu sendok nasi bercampur kuah dan daging dimakan bersamaan.


Uda tau resepnya kan dari link diatas ? banyak banget kan rempah - rempah yang digunain? kalau kamu sudah pengen cobain dan nggak pengen ribet sedangkan Pati itu jauh bahkan dari semarang atau yogyakarta juga masih jauh hehe Ternyata di Malang ada loh. Nasi Gandul Mbak Titut. Enaaaak banget !!

Ternyata Ibu pemilik warung nasi gandul ini memang asli Kabupaten Pati kemudian tinggal di Malang. Jadi kalau rasanya sama dengan yang ada di Pati ya ndak heran saya. Hihi


Nah kalau lagi jalan-jalan ke Pasar Bunga Splendid Klojen bisa mampir ke Jalan Pattimura No. 34. Dari Pasar Bunga terus aja ke arah bundaran Gedung Walikota. Ketika belok kiri ke bundaran langsung belok ke arah gang pertama at pas disamping SMAN 4 Malang terus aja sampai ketemu perempatan belok kanan. Gak jauh dari perempatan disebelah kanan jalan uda ada warung dengan Banner NASI GANDUL MBAK TITUT KHAS KOTA PATI. Ternyata oh ternyata warungnya bisa go- food juga loh.

Buruan deh dicoba sebelum kehabisan.