Saturday, 24 March 2018

De Karanganjar Koffieplantage Blitar - Mengenal Kopi dan Sejarah Indonesia

Pusat Informasi De Karanganyar Koffieplantage
De Karanganjar Koffieplantage Blitar.  Awalnya merupakan sebuah perkebunan kopi di dusun Karanganyar Timur, Desa Modangan, Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar kemudian sekarang disulap menjadi wisata yang menarik didesa ini. Tidak hanya ada perkebunan kopi saja kamu bisa belajar peninggalan dari Ir. Soekarno di rumah lodjie dan beberapa museum yang berisi benda pusaka dan foto atau lukisan yang dipajang dengan menarik. Jika biasanya ngopi hanya sekedar di cafe namun kamu akan bisa merasakan suasana yang berbeda karena perkebunan ini kental akan sejarah dan budaya Indonesia

Pertama kali masuk dan berdiri didepan pusat informasi ini saya sudah disambut dengan nyanyian Rayuan Pulau Kelapa yang selalu membuat saya merinding ketika mendengar liriknya. 

Melambai lambai   Nyiur di pantai  Berbisik bisik 
Raja Kelana  Memuja pulau   Nan indah permai   Tanah Airku Indonesia...
  
Untuk masuk ke perkebunan kopi ini hanya perlu membayar IDR 15,000 dan kita sudah di beri oleh-oleh satu sachet kopi warak yang di buat sendiri di perkebunan tersebut oleh PT Harta Mulia. 
Kopi Warak yang dibuat PT Harta Mulia
Tempat - tempat yang unik di De Karanganjar koffeplantage Blitar yang wajib kamu kunjungi : 

1. Rumah Lodjie

Teras Rumah Lodjie nan asri

Rumah Lodjie ini awalnya merupakan tempat tinggal dari orang tua Bupati Blitar Herry Noegroho ( 2006 - 2016). Dirumah lodjie ini kamu akan diantar guide untuk dijelaskan benda - benda peninggalan presiden dan orang tua Bupati Blitar Pak Herry Noegroho . Ada beberapa ruangan yang tidak boleh untuk di potret salah satunya Kamar yang pernah ditiduri Presiden Ir. Soekarno ketika menginap di rumah lodjie. Masih ada buku yang pernah dibaca bung karno dan ornamen- ornamen lama dikamar tersebut.

Jadi jika ingin mengetahui seluruh isi dari rumah lodjie kamu harus kesini langsung karena banyak informasi dan peninggalan Bung Karno yang tidak boleh untuk di potret. 

Ruang Tamu di Rumah Lodjie

2. Rumah Joglo

Rumah ini berisi dengan lukisan - lukisan yang menunjukan cerita masa lampau dan terdapat alat musik gamelan didalamnya. Jika kamu beruntung maka kamu akan bisa sekaligus melihat live gamelan concert disana. Masih ada dua museum lainnya yaitu Museum Pusaka dan Museum Purna Bhakti yang letaknya tidak berjauhan dengan rumah Joglo. Di museum pusaka kamu akan menemukan peninggalan pusaka dari pahlawan Indonesia sedangkan museum purna Bhakti merupakan tempat kerja yang pernah digunakan Pak Herry ketika menjabat sebagai Bupati Blitar.

Lukisan dan Gamelan di Rumah Joglo

Lukisan di Rumah Joglo

 3. Perkebunan Kopi 

Paling seru wisata di De karanganjar Koffieplantage kita bisa melihat langsung bagaimana pohon kopi tumbuh dari pembibitan hingga  panen dan pengolahannya di pabrik PT Harta Mulia. Bahkan pengemasannya bisa kita lihat di pusat oleh - oleh di depan cafe Onze Grootouders.


Kebun Kopi De Karanganyar Koffieplantage

Kopi Robusta Blitar
Kopi yang ditanam di perkebunan ini adalah jenis kopi robusta di Blitar. Jika ingin membawanya pulang sebagai oleh - oleh ada berbagai macam kopi bubuk robusta yang sudah diolah menjadi berbagai jenis seperti Kopi Jahe , Kopi Tiramisu dan Kopi Robusta khas Blitar. 1 packnya  rata - rata  seharga 30,000 - 35, 000 rupiah.

Pengolahan Kopi



4. Cafe Onze Grootouders

Tidak lengkap rasanya jika kesini tidak mencoba untuk mampir dan sekedar beristirahat setelah berkeliling museum dan perkebunan kopi. Cafe ini memiliki ornamen dan berbagai menu yang cocok untuk berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga.

Banyak sudut- sudut yang pastinya instagramable bagi yang suka memotret dan di potret. Lukisan dan foto yang terpajang rapi, penempatan radio dan televisi bekas yang sangat cocok dengan dinding dan tembok yang mulai terkikis, kursi dan meja tua yang masih nyaman untuk digunakan bersantai. Rasanya ingin berlama - lama disini sambil meminum es kopi yang saya pesan. Udara panas blitar hilang sekejap ketika bersantai di cafe ini sambil mendengar lagu - lagu nasional yang masih terdengar dari pusat informasi.

Pizza dan Es Kopi

Susana cafe Onze Grotouders seperti sedang berada dirumah eyang dan kakung buyut saya penuh dengan barang - barang antik yang semakin memikat untuk dlihat. Tidak tanggung- tanggung disini juga menerima beberapa volunteer dari luar negeri untuk bekerja disini selama beberapa minggu.
Rata - rata mereka adalah traveller  yang sedang berkunjung ke Indonesia jadi tidak heran jika kamu akan menemui beberapa turis asing disini.


Barang-Barang Unik dan Antik

Volunteer Warga Asing Pembuat Pizza
Kamu juga bisa menikmati pizza yang langsung dibuat oleh abang - abang bule disini :D

Juga disediakan beberapa buku yang berjejer rapi di rak buku tua membuat ruangan cafe terlihat makin loveable.

Rak Buku Tua

Bersantai siang hari

Kursi-kursi unik di Grootouders

Wisata De Karanganjar Koffeplantage Blitar mencampurkan unsur edukasi dan masa kini untuk anak - anak muda. Edukasi dari segi peninggalan sejarah , pengolahan kopi hingga memberikan suasana baru yang memikat untuk dinikmati dari segi ornamen yang ditawarkan.

Jadi bukan hanya yang menyukai kopi yang wajib datang untuk kesini. Tempat ini cocok untuk dikunjungi untuk anak - anak hingga dewasa bahkan untuk keluarga karena juga terdapat outbound disamping perkebunan kopi.

De Karanganjar Koffeplantage Blitar buka pada jam 08.00 - 17.00. Perkebunan ini masih terus melakukan pengembangan untuk menarik minat pengunjung

No comments:

Post a Comment