Thursday, 26 July 2018

Menu Spesial Khas Solo : Sate Kambing Favorit Jokowi




Sate Kambing Bu HJ. Bejo


Sekitar jam 9 pagi saya berjalan kaki dari hotel di daerah dekat keraton ke arah pasar Klewer untuk menyantap Tengkleng Kambing Bu Edi . Ketika sudah berada disana tiba-tiba ada bapak tukang becak yang menawarkan untuk mengantar kami ke Sate Kambing Bu HJ. Bejo langganan Pak Jokowi.  Gak ada alasan buat nolak sih karena waktu itu saya juga pengen naik becak keliling solo 😂

Kita naik satu becak buat 3 orang. Haha 
"Ini 3 orang gpp pak ?" ~ Tanya saya 
"Gpp mbak. Mari saya antar ke Sate Kambing Bu Bejo.  Enak banget disana kurang lengkap kalau kesini gak nyoba satenya" Kata bapak dengan logat jawa kentelnya.
 

Warung yang beralamat di Jalan sungai Sebakung Kedung Lumbung Pasar Kliwon Surakarta ini termasuk 20 Kuliner pilihan Kota Solo yang memiliki berbagai menu dari Sate Daging , Tengkleng, Gulai, Daging Buntel dan olahan daging kambing lainnya. Rasa tengkleng dan sate kambing yang saya coba dijamin enak.  Gak nyesel pokok e wes mampir mrene. Ancen selera Pak Jokowi mantap tenan kok. Hehe

Sate Kambing Bu HJ. Bejo

Harganya dan rasanya cukup worth it. Bener - bener gak pelit ngasih daging sepiring penuh.  Satu piring penuh lebih banyak daging dari pada tulangnya. :D
Belum lagi rasanya banyak rempah-rempah yang dimasukan. Ada varian dua tengkleng yaitu tengkleng biasa dan tengkleng masak.


Pas banget menu ini buat yang lagi darah rendah bisa langsung naik tensi darahnya. Tapi No yaa buat yang punya kolestrol tinggi *sadardiri
Untuk seporsi tengkleng dan Sate Kambing bisa untuk 4 orang masing-masing IDR 45,000 / porsi (belum nasinya)
        
Tengkleng Kambing Masak
Cuaca Solo yang panas memang paling pas kalau makan minuman yang dingin dan makanan dengan kuah yang segar. Saya Penasaran pake banget rasa Mie Thoprak legendaris khas Solo. Agak bingung juga waktu menuju warung Mie Thoprak dan Es Dawet Pleret di Jalan Dr. Wahidin Laweyan. Waktu itu kita naik Go-car dan turun di masjid tegalsari kemudian kita berjalan kearah pertigaan dan belok kiri ternyata kita salah alamat guyss. Baru sadar ketika balik lagi warungnya pas disebelah masjid tegalsari kiri jalan didepan sungai kecil. Haha


Warung Makan Mie Thoprak & Es Dawet Gempol
Es dawet Gempol Pleret


Enak banget dawetnya. Ketika order es dawet akan ditanya sama penjualnya mau pakai pleret atau dawet biasa aja. Pleret itu terbuat dari tepung sagu bulat-bulat ada yang warna putih dan coklat.  Siang itu coklatnya sudah habis akhirnya saya iyain aja tawaran penjualnya pakai tambahan yang ada karena belum tahu rasanya gimana :D

Rasa manis es dawetnya cukup dan tidak memnuat cepat bosan. Cocok menjadi pelengkap Mie Toprak siang itu.

Mie Thoprak
Ini dia penampakan Mie Thoprak yang segar dan rasa kuahnya hampir mirip kuah bakso. Seingat saya campurannya banyak banget tapi cocok kalau dicampur , isinya ada bihun , irisan kol, daun bawang, kacang, tahu , daging , tauge , cakwe dan daging. 😂
Seporsinya hanya IDR 11,000. Termasuk murah untuk semangkok penuh mie Thoprak yang ada dagingnya. Sambil nulis ngliatin gambar Mie Thoprak jadi kepengen lagi kan saya traveling ke Solo terus siang - siang makan semangkok Mie Thoprak lagi hehe

Disini bukan cuma jual Mie Thoprak saja. Tapi ada sop matahari, Sop Galatine dan Ayam Kampung. Lengkap banget dalam satu warung uda bisa nyoba hampir semua makanan khas Solo. Yang pasti harga makanan diwarung ini sangat terjangkau , enak dan bikin dateng kedua kalinya.

Solo makanannya emang terbaaaik. Serius !😂

Setelah dari Mie Toprak saya langsung cus melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta bersama dua teman saya.

So. I wait your culinary story in Solo ya guyss ! See you in Yogyakarta :)

Menu Warung di Mie Toprak

No comments:

Post a Comment