Thursday, 25 October 2018

Kuliner Sambal Ikan Wader Kerajaan Majapahit di Mojokerto


Gapura Wringin Lawang Trowulan Mojokerto 

Setiap kuliner pasti memiliki sejarah dan cerita dibaliknya. Sama halnya dengan sambal ikan wader di daerah Trowulan Mojokerto. Di Trowulan sambal ikan wader sangat mudah untuk ditemui apalagi disekitar segaran Trowulan karena dulu mitosnya disegaran banyak sekali ikan wader yang diambil oleh masyarakat kemudian di konsumsi. Trowulan memang terkenal dengan peninggalan kerajaan Majapahit. Terdapat museum dan candi-candi yang masih berdiri kokoh sebagai bukti jayanya Majapahit kala itu. Maka tak heran jika ikan wader pun menjadi salah satu kuliner pilihan karena dipercaya sudah ada ketika masa Majapahit.

Sambal wader cak mat

Sambal wader dan botok Cak Mat menjadi salah satu penjual sambal wader yang terkenal di daerah Trowulan. Warungnya berada tepat didepan Kolam Segaran trowulan sebelum museum majapahit Mojokerto. Lokasinya sangat mudah untuk ditemui karena berada dipinggir jalan dan banyak sekali pengunjungnya setiap hari apalagi jika hari weekend atau libur yang datang jauh-jauh dari luar kota hanya untuk menikmati kuliner sambal ikan wader dan botoknya.

Sambel wader segaran trowulan
Dari awal saya sudah tertarik mampir ke Sambal Wader Cak Mat karena ketika ingin berkunjung ke museum Majapahit Trowulan kami melewati warung Sambal Cak Mat yang cukup ramai.

"Tan warung wadernya rame banget, ntar nyoba ya abis dari museum" ujar saya kepada intan yang sudah penasaran dengan rasa sambal wader dan botoknya.

Sambal wader dan botok cak mat

Setelah puas berkeliling museum. Saya dan intan yang sudah mulai kelaparan langsung pergi ke warung cak mat dan memesan sambal ikan wader , botok pencit dan tahu tempe goreng. Dijamin rasanya tidak mengecewakan dan harganya pas dikantong.

sambal wader cak mat 

satu porsi sambal ikan wader Rp. 13,000 belum dihitung dengan nasinya, nasinya 3 ribuan dan botok sambal pencitnya Rp. 4000 saja. Tidak hanya ada sambal wader saja disini lengkap dengan menu botok pencit , lele , patin , tempe tahu dan botok lainnya.  Rasa sambal cobek yang segar dan nasi hangat semakin menggugah selera karena cuaca mojokerto siang hari yang panas apalagi lengkap dengan minuman es teh yang saya pesan.

Duh dek ! temenan pengen balik ke Trowulan dan makan sambal ikan wadernya. Murah banget karena kita berdua cuma habis 30 ribu saja pantes ramenya sampai antri-antri. hehe

No comments:

Post a Comment