Saturday, 24 November 2018

Sosial Media : Setiap orang punya jalan dan pilihan.

Tentang sosial media.



"Teknologi tuh mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat"

Ungkapan ini bener juga dan akupun mengiyakan tapi akhirnya aku ngrasa orang yang jauh malah makin jauh karena ngrasa ..

"ngapain ketemu kalau komunikasi bisa lewat sosial media"
"Uda males tanya gimana kesibukannya kan uda bisa lihat story di IG dan WAnya "

Makin banyak orang malas untuk berinteraksi ketika hal-hal yang berkaitan dengan dirinya dan orang lain sudah di share dan menjadi konsumsi.

Apalagi fitur-fitur sosial media yang terkadang membuat semakin kecanduan dan toxic yang akhirnya banyak ditinggalkan beberapa penggunanya.

Kesan sosial media yang hanya menampilkan kebahagiaan seseorang saja memicu banyak orang berlomba - lomba untuk narsis dan eksis.

Hal ini membuat beberapa yang sadar untuk penggunaannya yang kadang tak wajar.

Namun bukan berarti  semua hal yang berkaitan dengan social media buruk. Setiap hal memang selalu ada sisi pro dan kontranya. Sosial media banyak memberi manfaat untuk menyebarkan informasi lebih cepat, akurat dan singkat. Kita bisa tahu informasi apa saja dan dimana saja hanya dengan sekali ketik. Dari mulai resep makanan,tempat kulineran,  cafe bagus ; semua ada di sosial media.

Untuk pelaku usaha manfaatnya begitu terasa dengan sosial media yang sudah ada. Seller dan buyer bisa bertemu secara cepat lewat akun sosial media. Seperti akun whatsaap saya yang berisi Ibu-ibu yang giat share story produk jualannya mulai dari pakaian , makanan, snack belum lagi info event yang bisa begitu tepat sasaran karena sosial media. Itu masih lingkup kecil belum lagi untuk pelaku usaha yang memang sudah benar-benar terjun di bisnisnya.

Mereka sudah menggunakan Digital marketing dan sosial media layaknya dua hal yang sangat penting untuk menunjang pemasaran produk.
Sudah banyak fitur dan layanan profil bisnis seperti di facebook dan instagram untuk memasarkan produk dan menarik perhatian konsumen. Content dan strategy marketing sudah di planning setiap harinya. Kemudian munculah profesi baru yang siap memaintance dan improve sosial media seller.

Betapa harus diiyakan sosial media membuat banyak orang berubah lebih kreatif.

Penyebaran informasi di twitter pun juga tak kalah dibanding instagram. Masih banyak kicauan selebtwit dengan ribuan retweet yang didapat hanya dengan sebuah kalimat. Yang tentunya hal itu juga temasuk konten dari sebuah pemikiran hingga tercipta kalimat tweet yang menarik perhatian banyak pengguna.

Belum lagi youtube yang mulai menggeser televisi dan lebih banyak memberikan pilihan tontonan yang lebih baik jika bisa memfilternya. Sekali lagi  tak khayal jika banyak yang berbondong-bondong untuk menjadi youtuber dan mebuat video semenarik mungkin sebagai hobby sekaligus sumber pendapatan.

Lalu bagaimana bagi blogger ? Tentu Sosial media tempat paling mudah untuk saling menyapa satu sama lain. Tempat paling mudah untuk mengenalkan blog dan informasi yang ingin disampaikan bahkan inspirasi itu terkadang lewat sosial media.

Baik dan buruknya sosial media memang tergantung pengguna. Apakah pengguna ingin menjadi influencer disekililingnya untuk hal baik atau hanya mempengaruhi diri sendiri menjadi lebih buruk. Kembali lagi, dalam hal sosial media semua orang punya jalan dan pilihan. Iya ingin menggunakan atau tidak ?



No comments:

Post a Comment