Thursday, 3 January 2019

Bersepeda santai dengan Jogja Bike

Berlokasi ditiap sudut kota Yogyakarta , shelter Jogja bike memulai operasi pertamanya di Jalan Malioboro. Tempat yang sangat ramai dengan masyarakat yogyakarta dan wisatawan yang berkumpul untuk bertemu penjual makanan sampai oleh - oleh khas Yogyakarta.

Tepat di depan Malioboro Mall beberapa sepeda terparkir dan karyawan Jogja bike memberikan arahan kepada masyarakat yang ingin mencoba bersepeda santai di sekitar Malioboro. Terobosan baru dari pemerintah kota yogyakarta untuk masyarakat kembali bersepeda dan mengurangi polusi membuat kota yogyakarta mendapat smart city award 2018 dari kementerian komunikasi dan informatika RI dalam penyediaan Smart City Service. 


Shelter Jogja Bike di Jalan Malioboro


Sebelum meminjam sepeda di Jogja Bike saya harus mendownload aplikasi di playstore atau app store terlebih dahulu kemudian register untuk memiliki akun di Jogja Bike, didalam aplikasi sudah ada barcode yang bisa langsung di tap ke layar yang diletakan di stang sepeda kemudian aplikasi akan berjalan dan menghitung berapa lama pemakaian sepeda. 

Aplikasi Jogja Bike
Bulan desember kemarin saya masih mendapat promo gratis peminjaman selama 5 jam untuk bersepeda santai mengelilingi jalan malioboro dan sekitarnya. Nantinya Jogja Bike berharap jika sudah banyak yang mengenal akan ada biaya charge peminjaman sepeda dan rencananya Jogja bike akan meluaskan peminjaman sepeda di kota lainnya di Indonesia seperti dalam waktu dekat akan release di Bali dan menyusul kota lainnya. 


Pagi itu sekitar jam 10 setelah sarapan sayur asem dan pindang goreng di warung gang sosrowijayan depan kartika hotel dan rental.  Saya mencoba bersepeda santai dengan tiga teman saya lainnya menggunakan fasilitas Jogja Bike dari Jalan malioboro ke arah Bank BNI dan museum benteng vredeburg lalu bersepeda ke Kantor gurbenur dan kita masuk di gang pasar Bringharjo. Ingatan saya masuk di sebuah film 90 an ketika bersepeda didalam gang pasar melihat orang berlalu lalang di antara bangunan lama dan mengangkat sebuah kotak kardus.

Gedung BNI Yogyakarta
Jogja bike bisa jadi pilihanmu ketika ingin mendapatkan pengalaman liburan yang baru di Yogyakarta. Semoga kota lainnya bisa menyusul untuk menyediakan Smart City Service seperti Jogja Bike untuk meningkatkan semangat warganya bersepeda kembali dan hidup sehat pastinya.  Cheers !