Wednesday, 12 February 2020

Mantra Menjaga Diri Sendiri





Tenangkan hati

Semua ini bukan salahmu
Jangan berhenti
Yang kau takutkan takkan terjadi

Yang dicari, hilang

Yang dikejar, lari
Yang ditunggu
Yang diharap
Biarkanlah semesta bekerja
Untukmu.

Tidak lengkap jika 30 Hari Bercerita gak ada sesi curhatnya.
Aku mulai sering mendengarkan album mantra-mantra di tahun lalu setelah seorang teman mengirimkan banyak lagu dari Mas Kunto Aji melalui whatsaap karena saat itu sedang galau-galaunya. Wehehe 😂
"Mba kik coba deh dengerin" chatnya.
Lalu aku mulai play album setiap malam di kosan sebelum tidur.  Setelah itu aku juga sering mendengarkan seharian di kantor sampai pulang. Intinya di bulan-bulan itu datang ke kantor - duduk - play album mantra - mantra.
Belum merasa bosan kemudian aku iseng browsing jadwal tour konser Mas Kunto Aji. Suprisely, tepat di minggu itu ada konser di Malang. Nggak pakai pikir panjang langsung check out tiket konser mumpung ada kesempatan nonton langsung ! *deg-degan*
Akhirnya di minggu itu aku memutuskan tidak jadi ikut ajakan temanku untuk pergi ke Blitar dan Jogja karena lebih memilih ke Malang buat nonton konser Mas Kunto Aji. Hehe 

"Apa yang aku suka dari album mantra - mantra Mas Kunto Aji ?"
Makna liriknya yang dalam dan masuk ke relung-relung yang sedang kosong *aciaap*
Apalagi saat mendengarkan live rasanya seperti lagunya memahami keadaan bukan karena lagi kecanduan musik yang lagi hype atau sok ngindie tetapi liriknya memang bisa sebagai refleksi sekaligus self healing. Bisa berbeda dengan yang kamu rasakan karena pasti persepsi tiap orang beda menikmati lirik dan musik apalagi dalam keadaan yang berbeda pula.
Dari lirik-lirik lagu di album ini aku banyak menyadari jika.
Kadang kita hanya butuh berhenti dan istirahat mengejar sesuatu. Kadang juga kita terlalu menyalahkan diri sendiri akan sesuatu yang terjadi di luar kendali kita bahkan kadang pula kita terus mencari jawaban dan memaksa segala sesuatu terjadi sesuai ekspektasi hingga kita lupa menjaga pikiran dan diri kita sendiri. 
"Coba kita lepas satu-satu ya. Yang kamu cari, yang kamu kejar, yang kamu tunggu bahkan yang kamu harap sekalipun biar suatu hari semesta yang bekerja untukmu"
Ada lagi, satu paragraf lirik lagu Bungsu dari album mantra-mantra yang bisa menjadi pengingat dikala kamu sedang belajar untuk ikhlas. 
Cukupkanlah ikatanmu
Relakanlah yang tak seharusnya untukmu
Sebelum kau menjaga
Merawat melindungi segala yang berarti
Yang sebaiknya kau jaga
Adalah dirimu sendiri.
----
Ngonsernya sekali, tetapi ingatnya berkali-kali.